Sunday, May 30, 2021

Untuk Pencela Donasi Palestina


Ada saja orang yang tidak senang dengan donasi masyarakat Indonesia untuk Palestina dengan jumlah yang miliaran.

Dalam ayat ini, karakter tidak senang terhadap donatur sukarela tsb disebut sebagai "para pencela", salah satu sifat orang-orang munafik.
M. Quraish Shihab dlm Tafsir Al-Mishbah menulis: (1) orang-orang tsb ada yg terus-menerus mencela para pemberi sedekah, dan jika sedekah itu besar, mereka berkata: "pemberian mereka pamrih", (2) mereka juga mencela orang-orang yg dapat sedekah dlm jumlah sedikit dgn berkata: "Pemberiannya terlalu sedikit tidak berarti di sisi Allah."
Orang-orang yg mencela atau mengejek para sukarelawan (atau donatur), maka mereka akan dibalas Allah dgn ejekan, bahkan dgn azab yg pedih.
Dalam Islam, sumbangan bisa berbentuk harta benda, bahkan tenaga dan pikiran juga masuk di dalamnya, "...merupakan sesuatu yg diakui sangat berharga oleh Al-Qur'an tidak kurang nilainya dari sumbangan harta benda." (Tafsir Al-Mishbah, vol 5, p. 178)
Kita berlindung kepada Allah dari sifat tsb. Jika bisa membantu, bantu. Jika tdk bisa, maka berkata-kata yg baik adalah jalan paling baik bagi mereka yg percaya pada kebenaran Al-Qur'an.

No comments:

Post a Comment

Untuk Pencela Donasi Palestina

Ada saja orang yang tidak senang dengan donasi masyarakat Indonesia untuk Palestina dengan jumlah yang miliaran. Dalam ayat ini, karakter ti...