Friday, October 2, 2020

Selamat Hari Kesaktian Pancasila


Selamat hari kesaktian Pancasila. 

Pancasila adalah titik-temu dari keberagaman yang eksis ribuan tahun di kepulauan Indonesia. Keragaman itu tersusun dari banyak sekali perbedaan yang kemudian membuat kita bersatu. Beda agama, suku, golongan, partai, hingga komunitas yang sangat kaya di zaman medsos seperti sekarang.

Pancasila mengandung inti dari seluruh pikiran, tindakan dan kebudayaan yang menjadi milik bersama orang Indonesia. Pancasila itu diperas dari sekian banyak keunggulan budaya lokal kita oleh para tokoh bangsa. Apa yang mereka lakukan itu patut untuk kita lanjutkan.

Pancasila perlu dirawat demi masa depan bersama warga Indonesia di negeri yang sangat beragam ini. Karena, tidak mudah untuk merawat sesuatu. Mudah sekali untuk menghancurkan ketimbang membangun dan merawatnya. Kita harus bisa merawatnya. 

Selamat hari kesaktian Pancasila. Mari teladani perjuangan para pendahulu dengan menjaga dan merawat Pancasila. Kita bisa jika kita bersama. Kita bisa jika kita satu hati dan satu perbuatan. 

Depok, 1 Oktober 2020

Yanuardi Syukur, Presiden Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia

No comments:

Post a Comment

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Sesuatu yang asing sering kali ditakuti atau dikhawatirkan oleh masyarakat, baik itu orang asing atau bahasa asing. Orang asing kadang ditak...