Type something and hit enter

author photo
By On
Prof Achmad Fedyani Saifuddin
Undangan Menulis Antologi Tribute to Prof Achmad Fedyani Saifuddin

Yth. Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian

Salam,

Pada Kamis 25 Oktober 2018 pukul 21.05 WIB, telah berpulang ke rahmatullah Guru Besar Antropologi FISIP UI Prof Achmad Fedyani Saifuddin di RS. Puri Cinere, Jakarta, dan dikebumikan di Sawangan, Depok.

Kepergian beliau menyisakan banyak kenangan dan juga legasi yang tersebar di antara keluarga, sahabat, kolega, mahasiswa, dan masyarakat terkhusus peminat antropologi yang pernah membaca tulisan-tulisan beliau yang dimuat di berbagai media seperti Jurnal Antropologi Indonesia, Kompas, dan lain sebagainya.

Sepanjang hidupnya, Prof Achmad Fedyani Saifuddin (1952-2018) telah menulis banyak buku, di antaranya: Konflik dan Integrasi: Perbedaan Faham dalam Agama Islam (1986), Seksualitas Remaja (bersama Irwan M. Hidayana, 1999), Antropologi Kontemporer: Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma (2006), Catatan Reflektif Antropologi Sosialbudaya (2011), Dimensi Sosialbudaya Pertahanan : Setahun Weekly Sociocultural Insights (2011), Logika Antropologi: Suatu Percakapan (imajiner) Mengenai Dasar Paradigma (2015), Epidemiologi & Antropologi: Suatu Pendekatan Integratif Mengenai Kesehatan (bersama Buchari Lapau, 2017), dan Environasionalisme: Suatu Wujud Pendidikan Konstruktivisme (bersama Ridwan Bachtra, 2017).

Selain itu, Prof Afid--begitu biasa disapa--juga secara produktif menerjemahkan buku, antara lain: Agama: Dalam Analisa dan Interpretasi Sosiologis (1988) karya Roland Robertson, Di Bawah Bayang-bayang Ratu Intan: Proses Marjinalisasi pada Masyarakat Terasing (1998) karya Anna L. Tsing, dan Demokrasi, Korupsi, dan Makhluk Halus dalam Politik Indonesia Kontemporer (2016) karya Nils Bubandt.

Beliau juga menjadi editor beberapa buku lainnya--baik sendiri maupun bersama kolega--seperti: Agama dan Politik Keseragaman: Suatu Refleksi Kebijakan Keagamaan Orde Baru (2000), _Multicultural Education in Indonesia and Southeast Asia: Stepping into the unfamiliar (2003), Refleksi Karakter Bangsa (2008), Minahasa Wonderland: Negeri Mempersona di Bibir Pasifik (2014), dan Papua Barat: Memasuki Dekade Kedua Pembangunan (2015).

Secara umum, Prof Afid menulis berbagai topik, mulai dari paradigma antropologi, kebudayaan, kekuasaan, agama, organisasi sosial, kesehatan, kemiskinan, identitas, karakter bangsa, nasionalisme, dan negara-bangsa.

Untuk mengenang legasi pemikiran, inspirasi, dan jejak dari beliau, maka kami berinisiatif untuk mengundang para kolega, kerabat, mahasiswa, dan siapa saja yang pernah mengenal beliau--baik secara pemikiran maupun personal--untuk turut menyumbang artikel ringan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Artikel berisi kenangan/apresiasi terhadap Prof Afid dalam pemikiran, inspirasi, dan jejak keteladanan sepanjang minimal 1000 karakter, Times New Roman, spasi 1.5.
2. Artikel dapat pula disertai dengan gambar (beserta caption-nya) dan referensi (jika ada).
3. Artikel dikirim ke email: yanuardisyukur@gmail.com dengan deadline: 16 Desember 2018
4. Tulisan disertai dengan biodata penulis sepanjang 2 paragraf dan foto.

Terkait dengan penerbitan (dan rencana peluncuran buku) akan didiskusikan selanjutnya di FISIP UI, Depok.

Atas perhatian bapak/ibu, rekan-rekan, kolega, dan para kontributor sekalian, kami ucapkan terima kasih.

Depok, 16 November 2018

Salam,

Yanuardi Syukur

Click to comment