Type something and hit enter

author photo
By On
Pamflet Inspirasi Ramadhan
Sebagai masjid kampus pertama di Indonesia, Salman ITB adalah masjid bersejarah dan berperan besar dalam dakwah kampus di Indonesia. Banyak tokoh bangsa yang lahir dan berkembang dari masjid ini. Hatta Rajasa, misalnya, adalah aktivis Masjid Salman ITB.

Pada tahun 2015 ini, Masjid Salman ITB juga mengundang beberapa tokoh nasional untuk berbagi pengalamannya terkait bagaimana mereka beraktivitas dengan jabatannya dengan tetap berpatokan pada Islam.

Beberapa tokoh yang hadir berbicara adalah Dr. Adian Husaini, Prof. Amien Rais, Prof. Din Syamsuddin, Prof. Mansur Suryanegara, Ilham Habibie, Ph.D, dan seterusnya. Saya hanya sempat ikut beberapa materi saja, dan saya pikir bagus sekali.

Saya membayangkan jika di masjid-masjid kampus lainnya di Indonesia juga memiliki program sebaik ini. Masjid kampus besar seperti UI dan UGM pastinya sudah ada program seperti ini. Tapi untuk kampus-kampus kecil, bagus untuk mencontoh bagaimana Masjid Salman ITB mengembangkan manajemen masjid yang tidak hanya ritual keagamaan tapi juga ada kajian-kajian dan kursus-kursus singkat. Saya berharap sih, paling tidak di kampus tempat saya mengajar, Universitas Khairun, masjid kampus kita (Muhammad Samil Djahir dan Masjid Babullah) dapat dimenej seperti Masjid Salman ITB. *

Click to comment