Kesempatan

Di hadapan ribuan alumni UI, Professor B.J. Habibie bercerita tentang 'iri hati'-nya kepada teman sekelasnya bernama Ainun yg dalam berbagai mata pelajaran dapat nilai rata-rata bagus, sementara dia sendiri hanya unggul di bidang eksakta. Dengan konsistensi, sekarang kita kenal Habibie sebagai pakar pesawat terbang dgn berbagai cerita keteladanannya.
Tiap orang diberkahi keunggulan masing-masing. Tapi yang  kemauan dan kesempatan.
membuat keunggulan itu bisa terpancar adalah karena adanya
Kata Habibie, "Mulailah pada akhir, dan berakhir pada awal." Maksudnya, mulailah sesuatu dgn membuat tujuan akhir. Kemudian kejar tujuan tersebut tanpa harus berkecil hati dgn apa yang ada. Berakhir pada awal berarti, pada puluhan tahun yg akan datang, kita (atau orang setelah kita) dapat melihat hasil dari apa yg telah kita perjuangkan.
Untuk itu, maka kita harus mencari dan memanfaatkan kesempatan. Jangan berpikir bahwa kesempatan itu harus yang besar-besar, dan cenderung bersifat heroik. Bukan. Kesempatan sesungguhnya milik kita semua--dimanapun, dan dalam kondisi apapun.
Kehidupan yg kita jalani sekarang sejatinya adalah waktu yg paling mahal yg teramat sayang jika harus diisi dgn keluhan, tidak percaya diri, selalu menyalahkan diri sendiri, ingin menang sendiri, dan ingin dapat kesempatan sendiri. *

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagi dengan Orang Aceh

Kuliah, Kerja, dan Pencarian Kebahagiaan

Kenapa Menulis buku Buya Hamka?