Senin, 15 Februari 2016

Mengejar Cita-Cita

Waktu kecil cita-cita sederhana, ingin menjadi guru mengaji. Tinggal di kompleks pelabuhan dimana warga setempat tidak begitu peduli dengan agama membuat saya tersentuh untuk menggapai cita-cita tersebut.

Orang tuaku yang bekerja sebagai pedagang--minyak tanah, dan sembako--memasukkanku ke sebuah tempat mengaji tak jauh dari rumah. Sebenarnya, walaupun masjid ada, dan tempat mengaji ada, warga sekitar tidak begitu aktif menjalankan agama secara baik. Di antara mereka banyak yang gemar minum minuman keras, tidak salat, dan seterusnya.

Ketika dewasa, saya melihat hal-hal berbeda dan peluang-peluang baru dalam hidup yang tidak saya lihat ketika masih di kampung. Ternyata, hidup ini lebih bervariasi. Pilihan karir dan cita-cita menjadi sangat kaya ketika beranjak dewasa muda.

Paling tidak saya mengenal dua dunia, yaitu dunia kepenulisan dan dua pengajaran di perguruan tinggi. Sebagai anak kampung, saya awalnya iri ketika melihat beberapa senior di Unhas rutin sekali menulis di PK Identitas. Lama-lama saya tertantang untuk menulis, dan akhirnya beberapa tulisanku dimuat di koran tersebut. Selanjutnya, animo saya untuk menulis makin berkembang dalam penulisan buku yang telah puluhan judul terbit.

Dalam pengajaran di kampus, saya mulai rasakan setelah tamat S2. Saya mengajar di Universitas Halmahera, kemudian Universitas Khairun. Waktu kecil tentu saja tidak ada bayangan tentang pekerjaan ini, tapi kemudian ketika besar saya mendapatkan sesuatu yang baru. Saya merasa enjoy di dunia ini, tapi memang saya merasa belum begitu maksimal karena beban mengajar yang sangat besar dan animo saya dalam antropologi yang masih dalam 'tahap pencarian'.

Terlepas dari itu semua, kini saya harus mengejar cita-cita untuk lanjut S3. Semoga saja usaha yang baik ini bermanfaat buat diriku, keluargaku, dan buat semua orang. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi dengan Orang Aceh

Berbagi dengan FLP Aceh Setelah berakhirnya Munas IV FLP, saya diminta oleh beberapa kawan FLP Aceh untuk sharing pengalaman. Sejak iku...