Berbagi Lebih Berarti

Di antara berbagai hal baik yang saya sukai adalah berbagi. Sejak kecil saya diajarkan oleh ayahku untuk berbagi kepada mereka yang butuh, dan jangan berpikir untuk menerima imbalan dari sikap tersebut. Jika sudah rezeki, pasti tidak akan kemana-mana. 

Termasuk yang saya sukai adalah berbagi pengalaman dan pengalaman (walau belum seberapa). Pengalaman menulis termasuk yang saya cintai karena berangkat dari tidak bisa menulis, akhirnya lama-lama tulisanku ada yang diterima di media, dan jadi buku (walau tentu saja, belum bagus-bagus amat). 

Ketika berbagi pengalaman, saya merasakan ada energi positif yang mengalir dalam diri. Saya merasa, itulah sesungguhnya diriku yang sebenarnya. Maka, jika dalam satu minggu saya tidak membawakan materi--apakah offline atau online--saya merasakan ada sesuatu yang hilang.

Sejauh ini materi yang paling sering saya bawakan adalah materi menulis, atau sedikit ceramah di beberapa tempat. Saya benar-benar merasa jiwaku kembali ketika sedang menyampaikan pokok-pokok pikiran kepada orang lain. Apalagi, jika orang lain juga mendapatkan kebaikan dari materi tersebut dengan mendapatkan semangat dan terus berproses jadi lebih baik. 

Berbagi membuat hidup lebih berarti. Ya, paling tidak untuk diriku, saya merasa lebih punya makna, punya tenaga, dan punya gairah hidup. *

Komentar