Kamis, 24 Desember 2015

Pra Launching Ensiklopedia Suku Bangsa di Indonesia

Banner dan Peta Sebaran Suku Bangsa Indonesia
Pada Rabu 23 Desember 2015, saya menghadiri Pra Launching Penyempurnaan Buku Ensiklopedia Suku Bangsa Indonesia, Museum Nasional, Jakarta. Kegiatan ini diadakan oleh Direktorat Sejarah Ditjen Kebudayaan Kemdikbud yang penulisannya berlangsung 2014-2015. Buku ini ditulis pertama kali oleh Prof M. Junus Melalatoa 1995.

19 penulis buku ini adalah sebagai berikut: Semiarto Aji Purwanto (UI), Tasrifin Tahara (Universitas Hasanuddin), Kumpiyadi Widen (Universitas Palangkaraya), Setiadi (UGM), Eka Juniawan (Yayasan Lanfang Indonesia), Sumientarsih (BPNB Jogja), Petrus Tekege (Universitas Satya Wiyata Mandala), Enrico Kondolangit (Universitas Cendrawasih), Ruslan (UIN Ar Raniry), Frederick Sokoy (Universitas Cendrawasih), Marselus Mali (Universitas Nusa Cendana), Yanuardi Syukur (Universitas Khairun), Fikarwin Zuska (USU), M. Rawa El Amady (PADI Institute), Alex Ulaen (Universitas Sam Ratulangi), Ira Indrawardana (Universitas Padjadjaran), Purwadi Soeriadireja (Universitas Udayana), M. Thobroni (Universitas Borneo), dan Zainal Arifin (Universitas Andalas).

Paparan buku oleh Dr. Semiarto Aji Purwanto (UI) dan pembahasan buku oleh Prof Heddy Ahimsa Putra (UGM), Prof Achmad Fedyani Saifuddin (UI), dan Dr. Deddy S. Adhuri (LIPI).

Dalam pertemuan ini saya sangat beruntung bisa menimba ilmu dari para senior. Materi dari Prof Heddy, Prof Afid, dan Dr Deddy sangatlah membuka wawasan, kendatipun terlihat sederhana saja yang disampaikan. Mungkin memang betul, semakin cerdas orang semakin sederhana yang diucapkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar