Selasa, 24 November 2015

Ternyata Menulis CV Juga ada Aturannya

Foto bersama Awardee LPDP dengan beberapa reviewer
Setelah mengikuti kegiatan The Habibie Center sampai siang, saya segera beranjak ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta. Hari itu, Senin, 23 November 2015.

Ini kali kedua saya hadir di sini, untuk berkonsultasi terkait  cara membuat CV, Personal Statement, dan Research Proposal, bersama teman-teman Awardee LPDP yang berminat lanjut S2 dan S3 di Amerika. 

Dalam kesempatan ini, seluruh CV dan Personal Statement dikoreksi agar lebih efektif dalam beberapa forum kecil. Saya masuk dalam grup yang dikoreksi oleh Miss Holly. Penjelasan dari Mas Muhammad Iqbal dari Education USA dan Deborah Lynn juga mengingatkan tentang materi yang pernah dibawakannya di @Amerika, Pacific Palace Mall, Jakarta. 

Untuk Research Proposal, saya diberikan sebuah contohnya yang kalau dibaca-baca, lumayan juga. Kira-kira hampir sama dengan bab 1 disertasi. Setelah materi itu, saya jadi tersadar tentang pentingnya menulis CV, personal statement dan juga proposal riset S3 dalam perspektif Amerika yang lebih singkat, tapi kira-kira 'menjelaskan semua'. Tapi, untuk proposal, memang sebaiknya tidak terlalu ringkas, tapi menjelaskan secara utuh apa yang hendak kita riset dalam perkuliahan kelak. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Achmad Fedyani Saifuddin: Antropologi Kekuasaan (5)

Mata kuliah Antropologi Kekuasaan adalah salah satu mata kuliah yang diminati oleh banyak mahasiswa. Dalam perkuliahan tersebut, Professor ...