Kamis, 16 Juli 2015

Mushaf Al Istiqamah dan Kebangkitan Pribadi Istiqamah

Mushaf Al Istiqamah
Pada sebuah sore saya bertemu Ust Muzayyin Arif di Bandung. Pertemuan di Masjid Salman ITB. Di dalam mobil, saya diberikan sebuah Al Quran bernama Mushaf Al Istiqamah. Warnanya hijau, keemasan, dan terlihat lux.

Isi Al Quran ini sama dengan Al Quran lainnya yang ditashih oleh Kementerian Agama RI. Namun, ada beberapa tambahan yang tidak ada pada terbitan Al Quran lainnya, yaitu kumpulan ayat-ayat keyakinan yang dipilih oleh KH. M. Arif Marzuki. Ayat-ayat keyakinan adalah ayat-ayat pilihan yang pendek-pendek dan menjadi hafalan wajib para santri, warga, dan simpatisan Pesantren Darul Istiqamah.

Sampai saat ini, alhamdulillah, anak saya sudah pada hafal ayat-ayat keyakinan sebanyak 15 ayat dari 33 ayat. Memang, baik sekali kalau anak-anak dilatih menghafal Al Quran per juz. Tapi jika belum bisa, mereka bisa memulai dengan ayat-ayat pilihan.

Sebagai contoh, ayat "Tiadalah balasan kebaikan kecuali kebaikan pula" (Ar Rahman: 60) termasuk mudah dihafal. Teks ayatnya: Hal jazaul ihsan illal ihsan.

Coba teman-teman yang baca artikel ini, bagi yang belum hafal, bisa hafal langsung:

Hal jazaul ihsan illal ihsan
Hal jazaul ihsan illal ihsan
Hal jazaul ihsan illal ihsan
Hal jazaul ihsan illal ihsan
Hal jazaul ihsan illal ihsan

Hafal, kan?

Hafalan sebenarnya mudah, apalagi kalau pendek-pendek. Lebih baik lagi kalau artinya juga dihafal, ditambah dengan tafsirnya. Untuk tafsir, baiknya beli buku tafsir seperti Ibnu Katsir.

Selain ayat-ayat keyakinan, di Mushaf Al Istiqamah juga ada asbabun nuzul (sebab turunnya ayat Al Quran), panduan hukum tajwid, dan zikir pagi dan petang.

Hadirnya mushaf ini diharapkan dapat menguatkan hati-hati warga Pesantren Darul Istiqamah pada khususnya dan umat Islam pada umumnya untuk menghadirkan Al Quran dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan kehadiran Al Quran dalam tiap hari kita, insya Allah paling tidak akan menjaga kita untuk taat pada Allah swt. Menjadi pribadi istiqamah.

Kita semua pasti ingin sekali menjadi orang baik. Dan, senantiasa belajar dari Al Quran adalah baik untuk menjadi orang baik. Siapapun kita, jangan pernah merasa terlalu jauh dari Al Quran. Mari terus belajar, dan tidak bosan untuk belajar dari Al Quran. *


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berbagi dengan Orang Aceh

Berbagi dengan FLP Aceh Setelah berakhirnya Munas IV FLP, saya diminta oleh beberapa kawan FLP Aceh untuk sharing pengalaman. Sejak iku...