Selasa, 14 Juli 2015

Jatuh Bangkitnya Umat Islam


Pada 15 Juli 2015 saya membawakan materi Kuliah Subuh di Masjid Jami Pesantren Darul Istiqamah Pusat, yang berada di daerah Maccopa, Kabupaten Maros, Sulsel. Belum banyak yang saya persiapkan materi ini, karena baru semalam disampaikan oleh kawan saya, Ust. Fakhruddin Ahmad, ST. Sementara, saat itu kondisi fisik saya juga masih belum pulih betul selama dua hari. Tapi, untuk dakwah, saya pikir saya harus bisa.

Materi yang saya sampaikan pada kesempatan baik ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan jatuh atau mundurnya umat Islam. Menyelisihi faktor-faktor ini berarti bangkit dan majunya umat Islam.

Faktor pertama adalah karena umat Islam meninggalkan Al Quran dan Sunnah. Rujukan dalam berislam adalah dua ini. Ini yang paling utama. Dalam umat, ada kelompok yang hanya fokus pada Al  Quran saja, dan ada juga yang mengambil hadis tapi tidak semua, atau dipilih-pilih. Untuk hadis, memang sebaiknya yang sahih saja yang dipakai dalam rujukan. Tapi saya pernah dengar, untuk hadis dhaif kalau memang isinya bagus, itu bisa dipakai juga. Tapi didahulukan yang sahih. Saya pribadi tidak banyak tahu tentang Ilmu Hadis walaupun pernah belajar beberapa tahun. Tapi, meninggalkan hadis atau memilih-milih sesuka hati bisa menyebabkan umat mundur.

Kedua, karena tidak menuntut ilmu. Ayat pertama iqra' mengajarkan umat untuk mencari ilmu. Tentu tidaklah sama orang yang berilmu dengan yang tidak. Kebangkitan umat akan menjelma jika umat memiliki semangat untuk mencari ilmu. Dengan ilmu inilah umat akan bangkit dalam banyak segi kehidupannya.

Ketiga, tidak menguasai media massa. Ini penting, karena berpengaruh pada perspektif umat manusia. Siapa yang menguasai dunia, pasti menguasai media massa. Atau bisa dibalik, siapa menguasai media massa, dia menguasai dunia. Saat ini berita-berita yang kita konsumsi banyak dari barat dan cenderung berat sebelah--walaupun tidak semua tentu saja. Umat Islam perlu memiliki media Islam yang luas cakupannya dengan kekuatan modal yang baik.

Paling tidak, ini tiga hal yang berpengaruh pada jatuh atau bangkitnya umat Islam. Kebalikan dari ketiga hal ini akan membangkitkan umat Islam. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar