Minggu, 21 Juni 2015

Ditolong Kesabaran



RASULULLAH Saw pernah bersabda, “Bukanlah orang kuat itu orang yang jago bergulat, sesungguhnya orang yang kuat itu adalah yang dapat menahan nafsunya ketika marah.” Hadis mulia ini mengajarkan pada kita semua bahwa orang sukses itu bukan yang suka marah-marah atau jago gulat saja, akan tetapi yang mampu mengendalikan amarahnya, bisa tahan diri, tidak asal marah, dan menjaga stabilitas emosinya.
Rata-rata orang besar itu mampu menahan marahnya. Kalaupun dia marah, marahnya juga beradab, tidak asal memarahi orang di hadapan orang lain.
Ada sebuah kisah tentang kesabaran yang patut kita teladani. Seseorang bernama Al-Barqy atau Abu Abdillah Ahmad bin Ja'far bin Abdu Rabbih bin Hasan pernah berkata, Saya melihat seorang perempuan di dusun. Saat itu, salju sudah turun dan semua tanamannya habis, rusak karena salju tersebut. Banyak orang yang datang untuk menghibur dan menampakan rasa prihatin.
Tiba-tiba perempuan tersebut menengadahkan pandangannya ke langit dan berdo'a:
Ya Allah, Engkaulah satu-satunya yang dapat diharapkan oleh makhluk(Mu) yang terbaik (yaitu manusia). Berada di tangan-Mulah pengganti dari apa-apa (tanaman) yang telah rusak. Maka, berbuatlah untuk kami sesuai dengan sifat yang Engkau miliki (Pengasih, Penyayang). Sungguh, rezeki kami ada pada-Mu, harapan kami pun hanya kepada-Mu.”
Tak lama setelah itu, datang seorang kaya dan dermawan dari daerah tersebut. Dan setelah mendapat informasi tentang apa yang terjadi, orang tersebut memberikan uang untuk si perempuan tadi sebesar lima ratus dinar.
Luar biasa, kan? Inilah keinginan Allah. Manusia kadang berpikir hanya di titik yang terbatas, tapi kalau Allah punya mau, apa saja bisa terjadi. Itu karena Allah adalah pemilik semua ini. Harta yang kita miliki sejatinya adalah milik-Nya. Dan kalaupun sekarang kita tidak memiliki apa-apa, maka kalau Allah mengizinkan, pastilah kita akan diberikan-Nya.  Siapa bersabar, dia akan ditolong karena kesabarannya. 
Allah swt berfirman, "Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."  (QS. Al-Baqarah: 143) []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar