Dengan Ilmu Kita Selamat



GARA-GARA absen tanpa kabar, Hud Hud pun hampir saja kena bencana. Ketika Nabi Sulaiman mengancam akan menyiksa Hud Hud dengan siksa yang pedih atau menyembelihnya, Hud Hud akhirnya bisa selamat berkat ilmu yang dimilikinya. Datanglah dia ke hadapan Nabi Sulaiman dan berkata:
”Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya.” (QS. An-Naml: 22)
Hud Hud bisa mengatakan seperti itu dengan berani, karena ia punya ilmu! Ia mengatakan sesuatu yang memang belum diketahui oleh Nabi Sulaiman yang kuat. Hud Hud punya ilmu. Tanpa ilmu, manalah mungkin ia yang lemah mampu mengatakan hal itu di hadapan Nabi Sulaiman yang kekuasannya begitu besar itu.
Ilmu (yang di dalamnya juga ada pengetahuan) adalah jalan keselamatan. Tanpanya kita akan menjadi orang yang jahil alias bodoh. Tanpa ilmu juga kita akan menjadi orang yang terpedaya, kita akan dibodoh-bodohi oleh orang-orang pintar yang berhati culas dan gemar berbuat dosa.
Tanpa ilmu bisa-bisa kita akan terprovokasi oleh isu-isu yang tidak bertanggungjawab. Seperti kerusuhan sosial yang terjadi di depan mata, ataukah peperangan antar bangsa yang menelan korban ribuan nyawa umat manusia yang tak berdosa. Maka dari itu, memiliki ilmu adalah kewajiban kita. Nabi Muhammad Saw pernah bersabda: “Barangsiapa yang keluar menuntut ilmu maka dia berada di jalan Allah sampai dia kembali.”
Ilmu, ia akan menjaga sang empunya dan mengajaknya bergegas, bersegera berlayar bersama bahtera kehidupan menuju pulau keselamatan yang dijanjikan Tuhan. Siapa yang benar-benar mencari ilmu hakiki, maka akan terbukalah mata hatinya untuk mendekat kepada cahaya Tuhan yang Maha Pemilik Ilmu.
Max Planck, salah seorang pendiri fisika modern yang juga berprofesi sebagai dokter di Jerman berkata:
“Setiap orang yang mempelajari ilmu pengetahuan dengan sungguh-sungguh akan membaca pada gerbang istana ilmu pengetahuan sebuah kata: Berimanlah!”
Jadi, wahai sesama umat nabi Muhammad yang senantiasa menuntut ilmu yang ingin mendapatkan keselamatan seperti keselamatan Hud Hud marilah kita tingkatkan keimanan kita setinggi-tingginya. Marilah kita tinggikan ilmu kita agar kita menjadi orang yang sukses di dunia bahkan di akhirat nanti. Ilmu kelak akan menjaga kita, tidak demikian dengan harta yang selalu yang yang sibuk menjaganya. []

Komentar